Minggu, 06 Desember 2009

SISTEM OPERASI KOMPUTER

Perangkat lunak (Software) adalah kumpulan kode-kode program atau intruksi yang berfungsi untuk menjalankan mesin komputer. pada dasarnya, software dibedakan manjadi dua yaitu Siste operasi Dan Software Aplikasi. Secara umum Sistem Operasi adalah sodtware yang diletakkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan , Sedangkan software-software aplikasi akan dijalankan setelah siste operasi berjalan.

Saat ini terdapat banyak sekali sistem operasi yang berkembang, mulai dari yang bersifat single User sampai yang bersifat Multi User. Siste Operasi yang Umum digunakan terbagi menjadi tiga, Yaitu :

1. Keluarga microsoftWindows, Antara lain Windows 9X terdiri dari windows 95, 98 & Windows ME, Windows NT 3.X, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Dan Windows Vista yang diliris pada tahun 2007.

2. Keluarga GNU Linux terdiri dari Knoppix, redhat, Ubuntu, Kubuntu, BlankOn, Exsandros, Mandrake, Dan Linux Mint. Indonesia juga ikut berperan serta dalam mengembangkan Linux ynag dikerjakan oleh LIPI dengan diberi nama IGOS (Indonesia Go Open Source)

3. Keluarga Mac OS, Adalah Sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac Atau Macintosh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar